Senin, 02 Juni 2014

MENYUNTING HATI DENGAN HATI







:: MENYUNTING HATI DENGAN HATI ::




Abu Usaamah Sufyan Bin Ranan


“Demi masa.Sesungguhnya manusia itu dalam kerugian.Kecuali orang - orang yang beriman dan beramal shalih, serta nasehat menasehati dalam kebenaran dan nasihat menasehati dalam kesabaran.”
(Qs. Al -`Ashr 1- 3 )

Dalam sebuah buku saku beraroma motivasi karya Abdul Malik al Qasim dimana beliau menceritakan ada seorang da’I yang tutur katanya lembut, ia tidak memenangkan egonya, dan tidak pernah marah terhadap lawan bicaranya meskipun lawannya itu bodoh, ia hanya menasihati orang lain dari hati ke hati.

Da’I tersebut mengatakan :

“Marilah kita renungkan bersama sikap Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam terhadap seorang arab badui yang spontan melakukan sesuatu yang tidak patut dilakukan di tempat itu.

Dari anas radhiyallahu’anhu ia berkata :
“seorang arab badui datang. Tiba-tiba ia pipis di masjid. Lalu orang-orangpun mencaci maki-nya, maka Nabi melarang mereka mencaci maki terhadap badui itu, namun setelah selesai pipisnya, nabi memerintahkan agar diambilkan setimba air lalu menyiramkan bekaas pipisnya.

Sang Da’I berkata :
“Sebagian kita punya kesalahan yang lebih kecil dari kesalahan orang badui tadi, meskipun kesalahan kita lebih kecil dari arab badui kenapa kita senantiasa mendapatkan perlakuan kasar, dan gelar- gelar buruk”
Masya Allah, Da’I yang BIJAK….!!

Saya tergugah terhadap buku motivasi ini bahwa dakwah memang memerlukan kesabaran, kasih sayang,dan tanpa kecuali pro dan kontra.
Dan ketahuilah saudaraku diantara kita adalah Ustadz, saya dan antum adalah ustadz meskipun saya hanya guru untuk keluarga saya dan antum adalah sang ustadz yang besar mendakwah kan Umat.

Maka hendaknya kita tanamkan uswah Nabi shalallahu alaihi wa sallam, menasihati tanpa merusak nama baik, dapat melihat medan yang sepatutnya apa yang dilakukan, dan tentu berkasih sayang sesama salafiyyin dan ahlussunnah. Indahnya persaudaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Article's :

QAULAN-SADIDA.BLOGSPOT.COM

SEKOLAH YUUK..!!