Kamis, 05 Juni 2014

KISRUH RUMAH TANGGA









:: KETIKA SUAMIKU SALAH….. KETIKA ISTRIKU SALAH… !! BIJAK-LAH :;


Abu Usaamah Sufyan Bin Ranan


Saudaraku…

Secara manusiawi, Orang bilang pernikahan itu enak…!!?? Betul, sangat enak dan nikmat, seorang yang telah hidup berdua melaksanakan syari’at Allah tabarakta wa ta’ala menjadikan 2 anak adam bersatu menuju hidup rumah tangga yang sakinah merupakan suatu yang di dambakan bersama.

Namun tidak patut dipungkiri didalam mahligai rumah tangga yang indah ada ujian yang siap menghadang dengan lawan yang menerjang sepasang suami istri yakni tipu daya dan adu domba iblis dalam menjerumuskan suami istri dalam kubangan perceraian,

Allah ta’ala berfirman :
“Maka mereka membaca karakter keduanya (suami istri) dengan sihir itu, sesuatu yang dapat menceraikan antara seorang suami dengan isterinya…” (QS al-Baqarah: 102)

Maka bagimu sepasang kekasih….

Bagimu sepasang suami istri dalam jalan Allah…

Bijaklah dalam menyikapi kekisruhan rumah tangga…

Bijaklah dalam menyikapi kesalahan suami dan kesalahan istri kalian…

Jangan jadikan diri-diri kita sebagai wasilah, sebagai duta iblis di atap rumah kita dengan malah memperkeruh memperbesar suatu permasalahan, sehingga memicu konflik yang lebih heboh, dan sekiranya semakin heboh suatu konflik rumah tangga, semakin panas konflik rumah tangga ketahuilah di sanalah posisi kita betapa dekatnya dengan iblis.

Tidak-kah kita ingat bahwa iblis meletakan singgasananya diatas air dengan mengutus pasukannya ..?

Lupa-kah kita iblis adalah makhluk paling hebat visi nya..?

Sehingga syaithan yang mampu memperdaya pasangan suami istri pada kubangan perceraian yang merupakan visi iblis memecahkan atap rumah tangga, lalu iblis berkata kepada tentaranya yang telah sukses memecah belah rumah tangga sepasang muslim iblis tertawa dengan berkata..:

“Engkaulah yang terbaik…” (HR. Muslim: 7037)

Saudaraku..

Permasalahan rumah tangga tentu pasti ada, jika ada pasutri yang mengatakan bahwa aku tak ada masalah ketahuilah tidak terlepas dari 2 “salah satunya adalah orang bisu, atau memang keterbelakangan mental”. Masalah keluarga pasti ada tak dapat tidak.. namun bagaimana kita bisa memenej nya agar tidak menjadi duta iblis di dalam atap.

Maka dari itu berikut tahapan sekiranya ada kisruh suami istri dalam menyikapinya :

1. Komunikasi dan Kordinasi

Ini suatu hal penting agar kita tidak diadu domba oleh iblis.

2. Jadikan masalah sebagai renungan bukan saling tantang.

Setiap kita pasti punya dosa dan setiap dosa berakibat kesulitan, maka renungilah .. instropeksilah.

3. Berkata Nasihat atau jadi duta iblis.

Dalam memecahkan kisruh pasutri hendaknya komunikasi yang di tempuh adalah komunikasi nasihat dan satu sama lain sekiranya diberikan nasihat maka dengarkan dan jangan membantah apalagi memotong pembicaraan, sekiranya kita memotong pembicaraan apalagi membantah satu sama lain maka kita telah menjadi Duta iblis, dan membantah atau ngeyel bukan dengan ucapan saja, membantah bisa di kategorikan missal “piring terbang/ sikap angkuh tak mau ngalah, objek anak jadi sasasaran” ini merupakan pembesaran masalah baru dan menjadi duta iblis.

4. Jika tidak bisa berbicara dengan baik maka Diam / cool down sejenak.


5. Saling Legowo dan saling memaafkan.

Hidup dalam kisruh tentu tidak nyaman, oleh karenanya legowo dan saling memafkan adalah solusi, mau apa lagi..? jika tidak bermaafan apakah anda betah dalam satu atap terus berkonflik..? jika tidak betah maka maafkanlah satu sama lain.

Saudaraku…

Hidup adalah Ujian terlebih jika ada tanggungan yakni istri dan anak, seluruhnya fitnah tinggal kita yang menghadapi fitnah ujian itu apakah dengan otot ataukah dengan nashihat atau diam..?
Kalau dengan otot ketahuilah anda telah terperangkap dalam kubangan dan menjadi duta iblis.

Kalau dengan nashihat insya Allah anda akan menjaga hak-hak suami atau istri anda dengan menjunjung kalimat Allah dan Rasul nya.
Atau Diam/cool down sejenak itu pun baik.

Baarakallahufikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Article's :

QAULAN-SADIDA.BLOGSPOT.COM

SEKOLAH YUUK..!!