Kamis, 09 Januari 2014

AUTIS TANPA SADAR









:: AUTIS TANPA SADAR ::
ANTARA KEBUTUHAN ATAU GAYA HIDUP..?


Abu Usaamah Sufyan Bin Ranan

Manusia seolah ditaqdirkan sebagai makhluk yang konsumtif, terlebih pada era zaman modrn saat ini, betapa banyak barang-barang menggugah selera pada semua lini misalkan saja pernak-pernik yang diinginkan oleh wanita, Gadget yang membuat orang autis, kendaraan yang kian hari kian canggih dngan bermacam-macam bentuknya dan sejenisnya.

Sepertinya manusia zaman ini sudah dibuat Autis oleh barang-barang mewah, terbaru, update dan segaka istilah lainya, mereka berprinsip "tak apalah rumah masih kontrak yang penting penampilan gadgetku banyak".

Maka pilihlah antara Kebutuhan atau Gaya Hidup..?
Jika anda tidak dapat membedakan antara kebutuhan dan gaya hidup maka dikhawatirkan anda menjadi autis terhadap barang-barang terbaru, anda menjadi tersibuki dalam dunia style yang tidak ada habisnya.

Kalaulah anda sudah mempunyai Handphone yang anda butuh hanya telp dan sms saja, maka buat apa anda membeli i-phone, blackberry dan sekelasnya maka ketahuilah itu adalah gaya hidup.

Kalaulah anda telah mempunyai motor sebagai kendaraan meskipun usianya sudah lanjut namun tetap bisa jalan, maka buat apa anda membeli motor sport, atau bergelya mengambil motor terbaru meskipun kredit, ini sudah gaya hidup buat apa membeli yang semestnya sudah memiliki.

Kalaulah anda telah memiliki apapun barangnya yang mana sudah mencukupi kebutuhan anda, knapa anda membeli barang yang sama meskipun itu mewah dan berkelas maka anda sudah digandrungi oleh lifestyle yang mebuat anda autis.

Bukankah Allah ta'ala telah memperingatkan kita :

“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (Ter. QS. Al Isro’ [17]: 26-27).

maksud tabdzir disini adalah sebagaimana perkataan Ibnu ‘Abbas “Tabdzir (pemborosan) adalah mengeluarkan harta untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan [keliru].”

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda :

"Allah murka jika kalian tersibuki [di autiskan] dengan desa-desus, banyak mengemukakan pertanyaan yang tidak berguna serta membuang-buang harta.”

Maka dari itu belilah barang sesuai dengan kebutuhan, pada prinsipnya "Dahulukan kebutuhan dari pada gaya hidup, jika kebutuhan itu telah terpenuhi dan anda ingin mengharapkan lebih dari itu maka itulah gaya hidup, maka hindarilah"

Kalau anda mempunyai HP hanya untuk tlp n sms maka jangan membeli HP Smartphone.
Kalau anda mempunyai motor untuk berkendara meskipun butut namun bisa jalan maka buat apa anda nekat beli baru meskipun itu cash apalagi kredit.
Kalau anda telah mempunyai Tas hanya sekedar menaruh barang saat berpergian maka buat apa anda membeli tas yang harganya jutaa'an sedangkan fungsinya sama.

maka pilihlah kebutuhan bukan gaya hidup..!!

1 komentar:

  1. Emang tu, gejala autisme bisa dilihat dari banyak yang mainan gadget

    BalasHapus

Article's :

QAULAN-SADIDA.BLOGSPOT.COM

SEKOLAH YUUK..!!