Rabu, 26 Februari 2014

TANGGA CINTA

















:: TANGGA CINTA ::


Abu Usaamah Sufyan Bin Ranan

Karena Cinta masakan pedas menjadi manis,
Karena Cinta Air Garam berobah menjadi air tawar
Karena Cinta rasa sakit menjadi sehat

Cinta adalah suatu makna yang sulit untuk di tafsirkan, walau cinta tak dapat ditafsirkan namun Cinta tidaklah dicela oleh Agama dan tidak pula dilarang oleh syari’at Lantaran hati ini milik Allah ‘Azza wa jalla,

oleh karena itu Rasa Cinta merupakan suatu kewajaran selama cinta itu kita menej sesuai syari’at.

Saudaraku..
Saya akan sedikit sharing tentang CINTA yakni TANGGA CINTA bagaimana benih cinta itu muncul pada diri seseorang hingga pada tahap atas kedua insane yang saling mencintai.

Tangga Cinta :: awal mula timbul rasa Cinta pada Seseorang ::

Syaikh Taqiyuddin As Subki membagi 6 Tangga Cinta :

Tangga pertama :

“Timbul ucapan memandang BAIK si dia “

Kalau anda telah merasakan / memandang seseorang itu Baik, entah baik penampilannya , baik prilakunya atau adanya kebaikan pada dirinya ketahuilah itu adalah benih cinta yang timbul pada diri anda terhadap orang yang dimaksud.

Tangga Kedua :

“Sudah adanya rasa Kagum kepada si dia”

Ini tahapan kedua setela melauli taapan pertama, mulai kekaguman pada si dia dalam bentuk apapun, kagum ataspenampilannya, kagum terhadap prilakunya dan seterusnya.

Tangga Ketiga :

“Sudah merasakan Kesepian jika tidak ada Si dia”

Ini sudah tingkat psikis yang lumayan disinilah sudah muncul asmara,kalau sekiranya tidak di control oleh syariat maka akan menjadi cinta yang terlarang. Merasa kesepian jika tidak ada si dia, memikirkannya, menunggunya, dan berkorban untuknya itu menjadi bumbu dapur dalam hati insane yang mencintai.

Tangga keempat :

“Kepikiran terus tentang si dia”

Tangga kelima :

“Sudah merasakan tidak bisa tidur, tidak bisa makan dan minum “

Cinta pada tahap ini memang cinta yang bergejolak hingga jika cinta ini di pelihara maka jatu pada tangga ke enam yakni
Tangga keenam :

“Jatuh Sakit sampai kepada kematian sebab karena cinta”
Seseorang bisa jatuh sakit lantaran cinta entah lantaran yang dicinta telah pergi meninggalkannya bahkan hingga puncaknya bisa meninggal lantaran cinta.

Al Imam Ibnu Hazm mengatakan :
“Aku mengira kalau asmara itu penyebabnya karena perempuan-perempuan centil, genit dan sejenisnya namun setelah aku amati perempuan yang pendiamlah yang berbahaya”

Saudaraku..

Itulah tangga Cinta sehingga kita dapat mengetahui bagaimana dan darimana cinta itu bermula , dan sudah merupakan suatu kewajiban bagi kita sebagi seorang muslim untuk memenej cinta seseuai syariat dan cukuplah kita merujuk Prinsip dalam mencintai yang tela diajarkan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam :

“Tali iman yang paling kuat adalah mencintai karena Allah dan membenci karena Allah.” (HR. At-Tirmidzi).

Inilah prinsip yang mesti dipegang oleh kita dalam menyikapi rasa cinta yang bergejolak dengan pondasi Lantaran Allah ‘azza wa jalla Pemilik Hati Kita. Wallahu’alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

QAULAN-SADIDA.BLOGSPOT.COM

SEKOLAH YUUK..!!