Selasa, 01 Oktober 2013

SIAPAKAH PENGGEMBOS SEBENARNYA...?












SIAPAKAH PENGGEMBOS SEBENARNYA...?
[ Catatan untuk artikel 'Menggembosi Jihad dengan Dalih Dakwah & Thalabul 'Ilmi ]

==========================
Abu Usaamah Sufyan Bin Ranan


Terlihat kesan bahwa dakwah salaf anti terhadap Jihad [perang], sehingga label gembos-menggemboskan diikaitkan kepada orang-orang yang istiqamah diatas manhaj salafushalih.

Ketahuilah Jihad termasuk amalan mulia, bahkan merupakan semulia-mulia amalan. jihad tetap berlangsung hingga akhir zaman, Namun tentu dalam beramal/mengaplikasikan sebuah ibadah harus mengikuti tuntunan syari'at.

Betul.. tidak ada jihad tanpa dakwah, dan tak ada dakwah tanpa thalabul ilmi, namun dari manakah anda memulainya..?

Apakah hanya sekedar semangat lalu anda berangkat perang bahkan mengkudeta penguasa muslim...?
Ataukah anda memulainya dengan menuntut ilmu lalu menjadi orang yang tergesa mengamalkannya sehingga menyelewengkan makna jihad.

Jihad memiliki pedoman-pedoman serta aturan-aturannya ya akhy.... bukan hanya sekedar semangat, bukan pula anda tergesa mengapliksikan jihad itu sendiri, maka suatu pemikiran yang salah jika kita berkata :
"Orang yang berkata, kita tidak dakwah karena ilmu kita masih minim, kita nuntut ilmu dulu. Maka sungguh dia tak akan pernah berdakwah. Begitu juga dengan jihad, jika tak mau jihad karena masih terbuka thalabul ilmu dan dakwah, maka selamanya dia tak akan pernah berjihad"

Pengertiannya disini berarti " setiap orang tanpa dipandang keilmuannya boleh berbicara agama sesuai apa yang dikepala mereka tanpa memperdulikan ilmu sebagai pokok landasan keilmiyahan karena pemahaman ucapan tersebut dipaksakan agar kita mencoba berdakwah tanpa mempedulikan aspek ilmu, kalau mendahulukan keilmuan tanpa mencoba tampil maka kapan dakwahnya". ini yang dinamakan mereka orang yang tergesa-gesa..

Bukankah kalimat ucapan yang kita ucapkan terhadap suatu permasalahan agama ketika kita tidak mengetahui kita sebut "wallahu'alam" separuh dari ilmu, suatu bagian dari ilmu..?

Bukankah dalam aplikasi disiplin ilmu adalah ilmu, amal dan dakwah...? paham akan hujjah lalu ia mengamalkannya dan ia mendakwahkannya.. bukan mencoba tampil berdakwah baru mengilmuinya.

Begitupun Jihad salah orang yang berucap :"jika tak mau jihad karena masih terbuka thalabul ilmu dan dakwah, maka selamanya dia tak akan pernah berjihad"

Kalau bukan lantaran Ilmu dengan thalabul ilmu, atas dasar apa anda berjihad..?
ketergesaan atau kesemangatan..?
bagaimana dikatakan selamanya tidak pernah berjihad sedangkan menuntut ilmu adalah bagian dari jihad..?
dan bagaimana dikatakan anda telah berjihad jika diri anda tidak mengilmuinya..?

Tanyakan pada diri anda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam di Makkah tidak ditempuh dua tahun atau lima tahun saja?

Beliau berdakwah di Makkah selama 13 tahun, dengan mendapatkan pengikut yang sedikit di mekkah, namun beliau tetap bersabar, walaupun dalam kondisi tertindas dan terasing ditengah-tengah masyarakat Mekkah saat itu. Hal ini menunjukkan bahwasanya dakwah dan perjuangan Islam ini dilakukan tidak dengan tergesa-gesa.
Lihat Inilah metode Rasulullah shalalllahu alaihi wa sallam dalam berdakwah, mentarbiyahkan para shahbat dan para shahabat menuntut ilmu dengan kesabaran.

Lihat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dipenjara selama 26 tahun hingga akhirnya meninggal dalam penjara tetapi tidak sampai mengkafirkan penguasa yang memenjarakannya.

lihat al imam Ahmad, dipenjara selama dua tahun empat bulan dan disiksa oleh penguasa kala itu namun tetap bersabar.

Coba bandingkan sikap mereka dengan sikap anda..?
apakah anda yang penggembos ilmu ataukah kami yang menpaki jejak para pendahulu..?

penggembos Jihad hakikatnya adalah penggembos ilmu, meremehkan ilmu sehingga ia main tampil diatas kebodohan. bagaimana dikatakan berjihad jika kita belum berilmu..? apakah mereka masih bangga dengan kaidah bathilnya "jika tak mau jihad karena masih terbuka thalabul ilmu dan dakwah, maka selamanya dia tak akan pernah berjihad". Asas Jihad adalah ilmu masa mlah dibalik asas ilmu adalah jihad.wallahulmusta'an

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Article's :

QAULAN-SADIDA.BLOGSPOT.COM

SEKOLAH YUUK..!!