Kamis, 25 Juni 2015

PUASA TAPI Gak SHOLAT




::PUASA TAPI Gak SHOLAT.

Sufyan Bin Ranan

Saudaraku...
Apakah ada seorang yang ia berpuasa di bulan Ramadhan akan tetapi meninggalkan sholat..?

Kita tak begitu heran bertanya perihal masalah ini karena jawabanya adalah Ada, bahkan mungkin banyak seorang yang berpuasa yang mana puasanya hanya mendapatkan lapar dan haus saja dengan beberapa sebab lantaran cuma ikut-ikutan, berghibah/gosip, melayani syahwat, dan salah satu yang kita fokuskan adalah orang yang berpuasa akan tetapi ia meninggalkan shalat.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam yang menjadi saksi betapa banyaknya orang yang berpuasa akan tetapi pahalanya tidak ia peroleh :

“Betapa banyak orang yang berpuasa akan tetapi hanya mendapatkan lapar dan haus saja....” (HR. Ahmad ).

Mirisnya lagi umumnya dikalangan kaum muslimin yang meninggalkan shalat disaat ia berpuasa adalah terjangkit pada para pemuda, pemuda dan pemudi islam yang secara dzhahirnya mungkin ia belum paham terhadap amalan pokok dalam agama, mereka lebih bersantai dalam puasanya, tidak membuka mushaf namun sering mendengar musik, tidak shalat akan tetapi lebih memilih ngabuburit (berjalan ke Mall, tempat hiburan bioskop, dan sejenisnya sedangkan perutnya berpuasa)

sedangkan Allahta'ala berfirman :

"Jagalah seluruh shalat, dan jaga shalat wusthaa (ashar). Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’.” [QS. Al-Baqarah [2]: 238]

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa yang meninggalkan shalat ashar, maka terhapuslah amalannya.” (HR. Bukhari ; 553)

al Imam ibnul Qayyim menjelaskan hadits diatas yakni

"Barang siapa yang meninggalkan shalat tertentu (diantara shalat yang 5 waktu) dalam satu hari. Maka ini menyebabkan terhapusnya amal di hari tersebut. "

dengan demikian wahai saudaraku...
sekiranya ada diantara kaum muslimin yang ia berpuasa akan tetapi tidak shalat di satu shalat saja ia tak menunaikan maka puasanya BATAL ATAU TIDAK SAH.

Terhapus amalan tidak hanya puasa saja melainkan kebaikan yang lainya pada hari dimana ia meninggalkan satu shalat saja terlebih shalat ashar.

wallahulmusta'an semoga Allah memudahkan kita dalam beramal kepada Allah.Aaamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Article's :

QAULAN-SADIDA.BLOGSPOT.COM

SEKOLAH YUUK..!!