Radio Rodja 756AM

Jumat, 01 Juli 2011

PUASA SYA'BAN


Oleh : Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah
(Anggota Majelis Kibar Ulama dan Pengajar Masjidil Haram KSA).

Berikut ini uraian singkat tentang beberapa masalah yang berkait dengan bulan Sya’bân Diterjemahkan dengan sedikit ringkas dari Majmu’ Fatawa Beliau, 20/25-33 .

[Pertama] : Tentang Keutamaan Puasa Bulan Sya’bân
Dalam shahih Bukhâri dan Muslim, diriwayatkan bahwa A’isyah radhiyallâhu'anha menceritakan “Aku tidak pernah melihat Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi Wasallam puasa satu bulan penuh kecuali pada bulan Ramadhân dan aku tidak pernah melihat Beliau Shallallâhu 'Alaihi Wasallam puasa lebih banyak dalam sebulan dibandingkan dengan puasa Beliau pada bulan Sya’bân.”[2]

Dalam riwayat Bukhâri, ada riwayat lain : “Beliau Shallallâhu 'Alaihi Wasallam berpuasa penuh pada bulan Sya’bân.”[3]

Dalam riwayat lain Imam Muslim,
“Beliau Shallallâhu 'Alaihi Wasallam berpuasa pada bulan Sya’bân kecuali sedikit.”[4]

Imam Ahmad rahimahullâh dan Imam Nasa’i rahimahullâh meriwayatkan sebuat hadits dari Usâmah bin Zaid radhiyallâhu'anhu , beliau mengatakan : “Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi Wasallam tidak pernah berpuasa dalam sebulan sebagaimana Beliau Shallallâhu 'Alaihi Wasallam berpuasa pada bulan Sya’bân. Lalu ada yang berkata, ‘Aku tidak pernah melihat anda berpuasa sebagaimana anda berpuasa pada bulan Sya’bân.’ Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi Wasallam menjawab, ‘Banyak orang melalaikannya antara Rajab dan Ramadhân. Padahal pada bulan itu, amalan-amalan makhluk diangkat kehadirat Rabb, maka saya ingin amalan saya diangkat saat saya sedang puasa."[5]

Dari hadits ini dapat diambil kesimpulan. Bahwa puasa dibulan Sya’ban adalah disyariatkan dan disunnahkan. Adapun mengkhususkan pada hari tertentu inilah yang perlu kita lihat lagi.

1 komentar:

  1. referensi saya
    http://akhwat.web.id/muslimah-salafiyah/tafsir-quran-syarah-hadits/hadits-hadits-seputar-bulan-syaban/

    BalasHapus

Article's :

QAULAN-SADIDA.BLOGSPOT.COM

SEKOLAH YUUK..!!